Mahasiswa Arsitektur Unkhair Belajar Rumah Bambu di Tongole

Tongole, 24 Maret 2018, 12 Mahasiswa program studi arsitektur, Universitas Khairun melakukan kuliah lapangan dengan topik Arsitektur Bambu, didampingi dosen pengampu mata kuliah, Maulana Ibrahim Ph.D. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah pilihan: Arsitektur Kepulauan Maluku Utara ini langsung mendapatkan penjelasan oleh para tukang perihal teknik pengerjaan rumah bambu, sambil melihat contohnya, dan mendapatkan penjelasan rumah bambu khas Ternate pada jaman dahulu.

Peserta Kuliah lapangan ini juga mempelajari sejarah kampong Tongole, sebuah kampong di bahu gunung Gamalama yang memiliki berbagai karakter khas, berupa beraneka ragam tanaman buah, perkebunan cengkeh dan pala, kayumanis dan berbagai pohon lainnya, termasuk pohon cengkeh tertua di dunia yang dikenal dengan nama Cengkeh Afo.

Pada kuliah lapangan ini juga mahasiswa dapat belajar teknologi dan estetika rumah bambu langsung dari tukangnya di tempat bangunan bambu yang baru dibangun; Menambah pengetahuan tentang material lokal, sekaligus sebagai upaya belajar dari masyarakat dan lingkungan sekitar, memperkuat proses pembelajaran akademik di kampus (Maulana).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *