Weekly Seminar Universitas Khairun

Weekly Seminar Universitas Khairun merupakan kegiatan mingguan bagi dosen. Kegiatan ini awalnya diprakarsai oleh Ibu Lily Iskak, Ph.D dari Fakultas Pertanian. Masuk minggu ke-4, Fakultas Teknik berkesempatan menjadi tuan rumah dari kegiatan ini dengan pembicaranya adalah Maulana Ibrahim, S.T., M.T., Ph.D (dosen Arsitektur) dan Suyuti, S.T., M.T (dosen Teknik Sipil). Tema yang menjadi topik seminar mingguan kali ini adalah tentang Benteng Oranje.

Maulana Ibrahim dalam presentasinya menjelaskan tentang potensi bentengbenteng di Indonesia, dari aspek sejarah, budaya, sosial dan ekonomi. Lebih fokus, membahas benteng Oranje yang masuk 10 besar benteng paling potensial di Indonesia, termasuk ketersediaan data sejarah dan nilai edukasi. Benteng Oranje selain memiliki keunggulan nilai sejarah dan budaya, saat ini memiliki peran penting karena lokasi dan karakter ruangnya yang strategis, sebagai ruang terbuka publik dan kegiatan pendidikan dan budaya. Sedangkan Suyuti memaparkan hasil kajian mengenai Stabilitas Internal Dinding Benteng Oranje. Suyuti menjelaskan peristiwa runtuhnya dinding benteng Oranje pada Agustus 2017. Berbagai faktor menjadi penyebab runtuhnya dinding yang telah berusia ratusan tahun tersebut, diantaranya akibat dinding yang tidak dijaga kelestariannya, masuknya air hujan ke dalam susunan batu, dan beberapa faktor pemicu lainnya.

Kegiatan seminar mingguan ini pun diakhiri dengan penyerahan buku Kawasan Bersejarah di Kota Ternate, sebuah laporan hasil workshop oleh Universitas Khairun bekerjasama dengan Cultural Heritage Agency of the Netherlands, Ternate Heritage Society dan Bappeda Kota Ternate (2012), oleh Dekan Fakultas Teknik kepada perwakilan pemerintah yang hadir pada seminar ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *