Monthly Archives: Maret 2018

.

Penanaman 1000 Pohon untuk Maluku Utara oleh Mahasiswa Pecinta Alam Arsitektur

Mahasiswa Program Studi Arsitektur yang tergabung dalam unit kegiatan Arsitektur Pecinta Alam melakukan kegiatan penanaman 1000 pohon untuk Maluku Utara. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 30 – 31 Maret 2018 yang dipusatkan di Desa Maitara utara, Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan.

.

Mahasiswa Arsitektur Unkhair Belajar Rumah Bambu di Tongole

Tongole, 24 Maret 2018, 12 Mahasiswa program studi arsitektur, Universitas Khairun melakukan kuliah lapangan dengan topik Arsitektur Bambu, didampingi dosen pengampu mata kuliah, Maulana Ibrahim Ph.D. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah pilihan: Arsitektur Kepulauan Maluku Utara ini langsung mendapatkan penjelasan oleh para tukang perihal teknik pengerjaan rumah bambu, sambil melihat contohnya, dan mendapatkan penjelasan rumah bambu khas Ternate pada jaman dahulu.

Peserta Kuliah lapangan ini juga mempelajari sejarah kampong Tongole, sebuah kampong di bahu gunung Gamalama yang memiliki berbagai karakter khas, berupa beraneka ragam tanaman buah, perkebunan cengkeh dan pala, kayumanis dan berbagai pohon lainnya, termasuk pohon cengkeh tertua di dunia yang dikenal dengan nama Cengkeh Afo.

Pada kuliah lapangan ini juga mahasiswa dapat belajar teknologi dan estetika rumah bambu langsung dari tukangnya di tempat bangunan bambu yang baru dibangun; Menambah pengetahuan tentang material lokal, sekaligus sebagai upaya belajar dari masyarakat dan lingkungan sekitar, memperkuat proses pembelajaran akademik di kampus (Maulana).

.

Weekly Seminar Universitas Khairun

Weekly Seminar Universitas Khairun merupakan kegiatan mingguan bagi dosen. Kegiatan ini awalnya diprakarsai oleh Ibu Lily Iskak, Ph.D dari Fakultas Pertanian. Masuk minggu ke-4, Fakultas Teknik berkesempatan menjadi tuan rumah dari kegiatan ini dengan pembicaranya adalah Maulana Ibrahim, S.T., M.T., Ph.D (dosen Arsitektur) dan Suyuti, S.T., M.T (dosen Teknik Sipil). Tema yang menjadi topik seminar mingguan kali ini adalah tentang Benteng Oranje.

Maulana Ibrahim dalam presentasinya menjelaskan tentang potensi bentengbenteng di Indonesia, dari aspek sejarah, budaya, sosial dan ekonomi. Lebih fokus, membahas benteng Oranje yang masuk 10 besar benteng paling potensial di Indonesia, termasuk ketersediaan data sejarah dan nilai edukasi. Benteng Oranje selain memiliki keunggulan nilai sejarah dan budaya, saat ini memiliki peran penting karena lokasi dan karakter ruangnya yang strategis, sebagai ruang terbuka publik dan kegiatan pendidikan dan budaya. Sedangkan Suyuti memaparkan hasil kajian mengenai Stabilitas Internal Dinding Benteng Oranje. Suyuti menjelaskan peristiwa runtuhnya dinding benteng Oranje pada Agustus 2017. Berbagai faktor menjadi penyebab runtuhnya dinding yang telah berusia ratusan tahun tersebut, diantaranya akibat dinding yang tidak dijaga kelestariannya, masuknya air hujan ke dalam susunan batu, dan beberapa faktor pemicu lainnya.

Kegiatan seminar mingguan ini pun diakhiri dengan penyerahan buku Kawasan Bersejarah di Kota Ternate, sebuah laporan hasil workshop oleh Universitas Khairun bekerjasama dengan Cultural Heritage Agency of the Netherlands, Ternate Heritage Society dan Bappeda Kota Ternate (2012), oleh Dekan Fakultas Teknik kepada perwakilan pemerintah yang hadir pada seminar ini.

.

Wisuda Universitas Khairun Periode Maret Tahun 2018

Hari ini, Kamis, Tanggal 15 Maret 2018, Universitas Khairun mewisuda 719 lulusan Diploma, Sarjana dan Magister  digedung Aula Banau. Para wisudawan tersebut berasal dari Fakultas Hukum sebanyak 41 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 101 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 380 orang, Fakultas Pertanian 34 orang, Fakultas perikanan dan Kelautan 24 orang, Fakultas Ilmu dan Budaya 37 orang, Fakultas Teknik 57 orang serta program pascasarjana 44 orang.

Adapun ke 57 nama wisudawan dari Fakultas Teknik adalah sebagai berikut:

.

Kunjungan Kuliah Lapangan Mahasiswa Teknik Pertambangan ke PT. Nusa Halmahera Mineral

Tindak lanjut dari kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Khairun dan PT. Nusa Halmahera Mineral (PT. NHM), maka pada tanggal 10 Maret 2018 dilakukan kuliah lapangan berupa kegiatan studi komparatif. Kegiatan ini dibawah asuhan dosen Teknik Pertambangan, Ruslan M. Umar, S.T., M.T.  Pihak PT. NHM yang diwakili oleh Rani dan stafnya menerima dengan terbuka kedatangan mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan pada kuliah lapangan ini.

.

Sosialisasi Kegiatan Short Term Australia Award

Australia Award pada tahun 2018 ini memberikan kesempatan khusus kepada para Akademisi dari Indonesia Timur untuk mengikuti kegiatan kursus singkat dengan topik energi baru terbaharukan. Pada kesempatan ini, Short Term Award Manager dari Australia Award untuk Indonesia, Hanum Muziatun Nahriah mensosialisasikan kegiatan tersebut kepada sivitas Fakultas Teknik serta memberikan penjelasan lebih lanjut dari kegiatan yang dimaksud.

.

Dialog antara Pimpinan Fakultas, BEM, Himpunan Mahasiswa dan UKM Fakultas Teknik

 

Pimpinan Fakultas Teknik mengundang perwakilan mahasiswa yang terhimpun dalam Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa dari setiap Program Studi serta Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknik guna saling mengenal dan bersilaturahmi. Dalam kesempatan tersebut, Dekan menyampaikan pesan bahwa pentingnya kehidupan berorganisasi bagi mahasiswa. Mahasiswa yang aktif diorganisasi baik itu BEM, himpunan mahasiswa di prodi maupun UKM sepatutnya menjadi suri tauladan bagi rekan-rekan mahasiswa lainnya baik itu dari segi akademik dan non akademik. Selain itu, Dekan berharap semua kegiatan kemahasiswaan yang berada di lingkup Fakultas Teknik dapat memberi sumbangsih pada prestasi-prestasi yang membawa nama baik Fakultas Teknik khususnya dan Universitas Khairun pada umumnya. Mahasiswa Fakultas Teknik  juga didorong untuk dapat berkiprah pada event-event nasional yang diselenggaran baik itu dari Belwama Ristekdikti maupun lainnya.