Category Archives: Info Prodi

.

Sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Photo : Sophian Selajar

 

Pada tanggal31 Maret 2018, Panitia Lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) – Universitas Khairun, menyelenggarakan sosialisasi yang bekerjasama dengan RRI Pro 1 Ternate. Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2018 ini, Fakultas Teknik Unkhair mempunyai kuota calon mahasiswa sebanyak 500 orang yang terbagi ke 6 Prodi, yaitu Prodi Teknik Sipil sebanyak 120 Orang, Prodi Arsitektur sebanyak 80 orang, Prodi Teknik Elektro sebanyak 80 orang, Prodi Teknik Mesin sebanyak 80 orang, Prodi Teknik Informatika sebanyak 80 orang, dan Prodi Teknik Pertambangan sebanyak 60 orang. Informasi lengkap bagaimana syarat-syarat pendaftaran SBMPTN bagi calon mahasiswa dapat dilihat pada laman http://sbmptn.ac.id/

 

.

Mahasiswa Arsitektur Unkhair Belajar Rumah Bambu di Tongole

Tongole, 24 Maret 2018, 12 Mahasiswa program studi arsitektur, Universitas Khairun melakukan kuliah lapangan dengan topik Arsitektur Bambu, didampingi dosen pengampu mata kuliah, Maulana Ibrahim Ph.D. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah pilihan: Arsitektur Kepulauan Maluku Utara ini langsung mendapatkan penjelasan oleh para tukang perihal teknik pengerjaan rumah bambu, sambil melihat contohnya, dan mendapatkan penjelasan rumah bambu khas Ternate pada jaman dahulu.

Peserta Kuliah lapangan ini juga mempelajari sejarah kampong Tongole, sebuah kampong di bahu gunung Gamalama yang memiliki berbagai karakter khas, berupa beraneka ragam tanaman buah, perkebunan cengkeh dan pala, kayumanis dan berbagai pohon lainnya, termasuk pohon cengkeh tertua di dunia yang dikenal dengan nama Cengkeh Afo.

Pada kuliah lapangan ini juga mahasiswa dapat belajar teknologi dan estetika rumah bambu langsung dari tukangnya di tempat bangunan bambu yang baru dibangun; Menambah pengetahuan tentang material lokal, sekaligus sebagai upaya belajar dari masyarakat dan lingkungan sekitar, memperkuat proses pembelajaran akademik di kampus (Maulana).

.

Kunjungan Kuliah Lapangan Mahasiswa Teknik Pertambangan ke PT. Nusa Halmahera Mineral

Tindak lanjut dari kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Khairun dan PT. Nusa Halmahera Mineral (PT. NHM), maka pada tanggal 10 Maret 2018 dilakukan kuliah lapangan berupa kegiatan studi komparatif. Kegiatan ini dibawah asuhan dosen Teknik Pertambangan, Ruslan M. Umar, S.T., M.T.  Pihak PT. NHM yang diwakili oleh Rani dan stafnya menerima dengan terbuka kedatangan mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan pada kuliah lapangan ini.

.

Penandatangan Kerjasama antara Program Studi Teknik Elektro dengan Kantor Loka Monitor Ternate – Maluku Utara

Pada tanggal 21 Februari 2018 telah dilakukan penandatangan kerjasama antara Program Studi Teknik Elektro Universitas Khairun dengan Kantor Loka Monitor Ternate, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penandatangan kerjasama ini bertempat di ruang rapat senat Fakultas Teknik Universitas Khairun. Pokok-pokok kerjasama yang dilakukan adalah pada bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.