Category Archives: Info Kampus

.

Pengumuman Hasil Verifikasi UKT SNMPTN Unkhair 2018

Mohamad Jamil

Kepada seluruh calon mahasiswa baru lulusan SNMPTN tahun 2018, berikut kami sampaikan penetapan hasil Verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagaimana terlampir. Selanjutnya kepada calon mahasiswa baru lulusan SNMPTN dapat melakukan pembayaran UKT dengan alur/tahapan sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa yang telah mengetahui kelompok UKT mengambil SLIP pembayaran di Bank BNI, dan melakukan pembayaran
  2. Waktu Pembayaran mulai tanggal 4 – 27 Juni 2018
  3. Waktu registrasi akademik mulai tanggal 4 – 29 juni 2018
  4. Tata cara pembayaran dapat diakses melalui laman http://snmptn.unkhair.ac.id

Calon mahasiswa dapat mengajukan klarifikasi dan atau permohonan perubahan Kelompok UKT yang telah ditetapkan, dengan cara mengajukan permohonan secara tertulis yang ditujukan ke Panitia SNMPTN  Unkhair dan membawa seluruh dokumen asli yang dapat dibuktikan. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi lanjutan terhadap dokumen tersebut. Pengajuan klarifikasi dilakukan sejak penetapan UKT SNMPTN dan selambat-lambatnya tanggal 8 Juni 2018.

Demikian pengumuman ini disampaikan, atas perhatian disampaikan terimaKasih.

Icon

Hasil Verifikasi Penetapan UKT SNMPTN 2018 (Hal 1) 13.25 KB

Download

Icon

Hasil Verifikasi Penetapan UKT SNMPTN 2018 (Hal 2) 18.78 KB

Download

Icon

Hasil Verifikasi Penetapan UKT SNMPTN 2018 (Hal3) 9.79 KB

Download

Ternate, 31 Mei 2018

Ketua Panlok

 

Dr.Suratman Sudjud, SP., MP

.

DJARUM BEASISWA PLUS

Djarum Foundation di tahun 2018 kembali memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia berupa beasiswa kepada mahasiswa yang berada di lingkungan Perguruan Tinggi Mitra. Adapun persyaratan untuk menjadi penerima PROGRAM DJARUM BEASISWA PLUS Tahun 2018/2019 dapat dilihat pada laman https://djarumbeasiswaplus.org/

.

107 Calon Mahasiswa Lulus Seleksi Jalur SNMPTN Tahun 2018 di Fakultas Teknik Universitas Khairun

Sebanyak 107 calon mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Khairun LULUS seleksi jalur SNMPTN Tahun 2018 berdasarkan Keputusan Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri (SNPMBPTN) Tahun 2018 Nomor 11 /Kep.Panpus/2018 tentang Peserta Lulus Seleksi Jalur SNMPTN Tahun 2018, tanggal 16 April 2018 yang diumumkan secara serentak di seluruh Indonesia.

Bagi peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Jalur SNMPTN Tahun 2018 akan dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bersangkutan dengan syarat memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Lolos verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli) yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat Peserta SNMPTN diterima.
  2. Hadir pada saat registrasi (daftar ulang) pada tanggal 8 Mei 2018.
  3. Bagi Peserta Bidikmisi harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal Peserta.

Bagi peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Jalur SNMPTN Tahun 2018 wajib melihat syarat, ketentuan dan jadwal registrasi (daftar ulang) sebagai berikut:

  1. Peserta yang dinyatakan LULUS SNMPTN 2018 WAJIB melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 8 Mei 2018 jam 09.00 WIT bertempat di Aula Banau Kampus Akehuda dengan membawa Kartu Pendaftaran SNMPTN asli.

  2. Sebelum melakukan pendaftaran ulang, peserta diharuskan mengisi biodata di laman http://snmptn.unkhair.ac.id sampai tanggal 6 Mei 2018, dan selanjutnya panitia akan memberikan username dan password ke alamat email masing-masing peserta untuk mengunggah dokumen yang harus dilengkapi.

  3. Calon mahasiswa baru jalur SNMPTN 2018 yang tidak melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 8 Mei 2018 dianggap MENGUNDURKAN DIRI.

  4. Pendaftaran ulang tidak dapat diwakilkan.

Adapun daftar calon mahasiswa yang dinyatakan lulus khusus Fakultas Teknik Universitas Khairun dapat diunduh di PENGUMUMAN_HASIL_SNMPTN_2018_(FT UNIVERSITAS_KHAIRUN)-KORAN

.

Sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Photo : Sophian Selajar

 

Pada tanggal31 Maret 2018, Panitia Lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) – Universitas Khairun, menyelenggarakan sosialisasi yang bekerjasama dengan RRI Pro 1 Ternate. Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2018 ini, Fakultas Teknik Unkhair mempunyai kuota calon mahasiswa sebanyak 500 orang yang terbagi ke 6 Prodi, yaitu Prodi Teknik Sipil sebanyak 120 Orang, Prodi Arsitektur sebanyak 80 orang, Prodi Teknik Elektro sebanyak 80 orang, Prodi Teknik Mesin sebanyak 80 orang, Prodi Teknik Informatika sebanyak 80 orang, dan Prodi Teknik Pertambangan sebanyak 60 orang. Informasi lengkap bagaimana syarat-syarat pendaftaran SBMPTN bagi calon mahasiswa dapat dilihat pada laman http://sbmptn.ac.id/

 

.

Weekly Seminar Universitas Khairun

Weekly Seminar Universitas Khairun merupakan kegiatan mingguan bagi dosen. Kegiatan ini awalnya diprakarsai oleh Ibu Lily Iskak, Ph.D dari Fakultas Pertanian. Masuk minggu ke-4, Fakultas Teknik berkesempatan menjadi tuan rumah dari kegiatan ini dengan pembicaranya adalah Maulana Ibrahim, S.T., M.T., Ph.D (dosen Arsitektur) dan Suyuti, S.T., M.T (dosen Teknik Sipil). Tema yang menjadi topik seminar mingguan kali ini adalah tentang Benteng Oranje.

Maulana Ibrahim dalam presentasinya menjelaskan tentang potensi bentengbenteng di Indonesia, dari aspek sejarah, budaya, sosial dan ekonomi. Lebih fokus, membahas benteng Oranje yang masuk 10 besar benteng paling potensial di Indonesia, termasuk ketersediaan data sejarah dan nilai edukasi. Benteng Oranje selain memiliki keunggulan nilai sejarah dan budaya, saat ini memiliki peran penting karena lokasi dan karakter ruangnya yang strategis, sebagai ruang terbuka publik dan kegiatan pendidikan dan budaya. Sedangkan Suyuti memaparkan hasil kajian mengenai Stabilitas Internal Dinding Benteng Oranje. Suyuti menjelaskan peristiwa runtuhnya dinding benteng Oranje pada Agustus 2017. Berbagai faktor menjadi penyebab runtuhnya dinding yang telah berusia ratusan tahun tersebut, diantaranya akibat dinding yang tidak dijaga kelestariannya, masuknya air hujan ke dalam susunan batu, dan beberapa faktor pemicu lainnya.

Kegiatan seminar mingguan ini pun diakhiri dengan penyerahan buku Kawasan Bersejarah di Kota Ternate, sebuah laporan hasil workshop oleh Universitas Khairun bekerjasama dengan Cultural Heritage Agency of the Netherlands, Ternate Heritage Society dan Bappeda Kota Ternate (2012), oleh Dekan Fakultas Teknik kepada perwakilan pemerintah yang hadir pada seminar ini.

.

Sosialisasi Kegiatan Short Term Australia Award

Australia Award pada tahun 2018 ini memberikan kesempatan khusus kepada para Akademisi dari Indonesia Timur untuk mengikuti kegiatan kursus singkat dengan topik energi baru terbaharukan. Pada kesempatan ini, Short Term Award Manager dari Australia Award untuk Indonesia, Hanum Muziatun Nahriah mensosialisasikan kegiatan tersebut kepada sivitas Fakultas Teknik serta memberikan penjelasan lebih lanjut dari kegiatan yang dimaksud.

.

Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Dekan Baru Fakultas Teknik Universitas Khairun

Pada tanggal 31 Januari 2018, Lita Asyriati Latif, S.T, M.T.M resmi menggantikan Ir. Ahmad Seng, M.T. sebagai Dekan baru Fakultas Teknik Universitas Khairun periode 2018-2021. Pergantian ini ditandai dengan acara Sertijab dan Pelantikan Dekan baru yang dipimpin oleh Rektor Universitas Khairun, Prof. Dr. Husen Alting, S.H., M.H dan dilangsungkan di aula Nuku, Gedung Rektorat Universitas Khairun. Selain Fakultas Teknik, Pejabat lain yang juga di lantik pada hari tersebut adalah Wakil Rektor Bidang I, Bidang II, Bidang III, Dekan FKIP, Ekonomi, dan Hukum serta Ketua-ketua Lembaga di lingkungan Universitas Khairun.
.

Penyampaian Visi Misi Enam Calon Dekan FT Unkhair

teknik.unkhair.ac.id Ternate—Bertempat di Ruang Kuliah Bersama FT Unkhair (25/1) Panitia Penjaringan Dekan Fakultas Teknik Unkhair Periode 2018-2022 melakukan sosialisasi dan penyampaian Visi , Misi dan program kerja calon dekan FT Unkhair.

.

Rektor Unkhair Tanda Tangan MoU dengan Universiti Teknologi Brunei (UTB)

unkhair.ac.id Bandar Seri Begawan—Bertempat di Main Conference Room, 1F.112 Universiti Teknologi Brunei (UTB) (Rabu 13/12), Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting, SH, MH dengan UTB Vice Chancellor Prof.Dr. Hajah Zohrah binti Hajah Sulaiman.

.

Dosen FT-Unkhair Mengisi Kuliah Tamu di UI

teknik.unkhair.ac.id – Jakarta – Arsitektur tradisional masyarakat Maluku Utara sangat adaptif terhadap fenomena alam dan lingkungan. Demikian paparan Dosen Arsitektur Universitas Khairun Maulana Ibrahim, PhD saat mengisi kuliah umum berjudul “Manusia dan Hunian: Mengenal Arsitektur Kepulauan Maluku Utara” bertempat di Gedung H Kampus FISIP UI (7/11).

“Rumah tradisional orang Malut menggunakan material lokal berupa kayu dan bambu yang sangat responsif terhadap fenomena alam,” kata Maulana yang  juga Alumni IHS Erasmus University Rotterdam Spesialis bidang Urban Heritage Strategy

Selain itu, Maulana yang merupakan lulusan PhD dari Osaka  Sangyo University Jepang juga memberi contoh rumah besar di Galela, Kab. Halmahera Utara.

Rumah besar di Galela yang bernama Tahulamo, lanjut Maulana, di dalamnya terdiri dari empat sampai enam keluarga yang hidup di bawah satu atap.

Selain itu, di kawasan Falajawa Ternate juga masih ada rumah panjang yang bernama Fala kanci yang dihuni oleh beberapa keluarga inti (nuclear family).

Fala berarti rumah sedangkan kanci itu sistem atau struktur kayu.

Kuliah umum yang dibawakan Dr Maulana Ibrahim yang juga pegiat Ternate Heritage Society tersebut menarik minat para mahasiswa.

Ketertarikan mahasiswa semakin bertambah dengan video tentang budaya masyarakat Maluku Utara yang sangat eksotis dan menjadi kawasan yang diperebutkan orang Eropa dalam ekspedisi rempah-rempah. [yan-amzinc]***